Predeksi soal UN SMA 2013

Ujian Nasional memang terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi pelajar ,mengapa tidak ?karena dari tahun ke tahun selalu mengalami perubahan dalam tipe soal .Hal ini juga tak dapat dipungkiri bahwa dari tahun ke tahun selalu saja ada tindakan kecurangan dan itu tak perlu kita tutupi dan saya pribadi  pun mengakui bahwa Hasil UN tersebut bukanlah sesuatu yang murni dan bahkan bisa berdampak negatif bagi siswa yang minim dalam kemampuan akademiknya.
Dan alangkah terkejutnya setelah mendapat kabar bahwa pada UN 2013 ini soal nya ada 20 tipe . .WAW . . .!!!! hal ini bisa membuat shock peserta UN 2013 yang ke sana sini mencari prediksi soal UN SMA 2013. Untuk saat ini masih belum ada prediksi soal untuk UN 2013 dikarenakan masih belum ditentukan UN 2013 itu sistemnya seperti apa.Yang pasti soal UN 2013 tak akan berbeda jauh dengan tahun-tahun sebelumnya,untuk soal-soal UN 2012 silahkan klik di sini.







Berikut pernyataan Mendikbut yang ngotot UN 2013 dengan 20 tipe soal ,pasalnya untuk mengantisipasi kebocoran gitu deh katanya . . ..


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk mengurangi kebocoran dan meningkatkan kualitas Ujian Nasional (UN), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat sebuah rancangan. Pada UN 2013 mendatang, Kemendikbud telah menyiapkan sebanyak 20 variasi soal ujian.

Jika setiap ruang ujian terdiri dari 20 orang siswa, maka setiap siswa akan memiliki soal pertanyaan yang berbeda dengan siswa lainnya. Menurut Mendikbud, M Nuh, rancangan ini untuk meningkatkan kualitas dan juga kejujuran para siswa dalam menghadapi UN.

"Kami tetap bertekad pada UN tahun depan ada 20 macam soal dalam satu kelas yang isinya 20 siswa, jadi masing-masing beda semua," kata M Nuh dalam jumpa pers di Kemendikbud, Jakarta, Kamis (11/10).

Nuh menambahkan, dengan membuat variasi soal ujian yang berbeda akan meningkatkan konsentrasi para siswa untuk menghadapi UN. Pada saat pelaksanaan ujian, siswa juga tidak akan berupaya untuk mencontek apalagi mencari kunci-kunci jawaban.

Dengan membuat sebanyak 20 variasi soal ujian, ia melanjutkan, dapat meningkatkan kekhusukan atau konsentrasi dan menumbuhkan semangat belajar kepada para siswa. Dengan demikain, hasil dari UN ini akan dapat menjadi 'tiket masuk' di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Mengenai standar kelulusan, ia mengatakan, belum ditetapkan lagi apakah tetap di angka 5,5 atau akan dinaikkan lagi pada UN 2013. Namun ia memastikan kemungkinan tingkat kesulitan dalam UN 2013 akan berubah.

Ia menyontohkan pada UN 2012, tingkat kesulitannya yaitu 10 persen soal mudah, 80 persen soal sedang dan 10 persen soal sukar. Untuk UN 2013 kemungkinannya soal sukar akan ditambah menjadi 20 persen. Sedangkan soal mudah sebanyak 10 persen dan soal sedang sebanyak 70 persen. "Ini masih belum ditetapkan, akan dimatangkan lagi," jelasnya.

Namun ia menolak jika dikatakan penyelenggaraan UN dapat mengesampingkan pelajaran lainnya yang tidak diikutsertakan dalam UN. Bahkan ia tidak menganjurkan sekolah-sekolah untuk menghapus ekstrakurikuler demi fokus pada UN.

"Jadi tidak boleh gara-gara UN, ekskul ditiadakan, pelajaran lain tidak dipelajari, tidak boleh. Karena bobot status dan mata pelajaran dalam UN, pada dasarnya sama dengan pelajaran yang lain," ucapnya.

sumber



Bagaimana Komentar Anda ??????terutama yang peserta UN SMA 2013

0 Responses

Yang segan silahkan Berkomentar.......

klik iklan di sini

Search