Komunikasi data

 
Pengenalan Komunikasi Data

Komunikasi data adalah bagian dari transmisi data yang berfungsi untuk memindah data dan informasi diantara komputer atau device lainnya dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media perantara. Komunikasi data merupakan suatu hal penting bagi setiap orang karena dengan komunikasi data ini komputer-komputer dapat terhubung dan berkomunikasi satu dengan yang lain. Untuk dapat terjadinya suatu komunikasi pasti memerlukan elemen-elemen utama yang harus tersedia, elemen tersebut diantaranya :

Pengirim
Pengirim merupakan sumber data, dimana pengirim ini yang akan mengirimkan data dan informasi.
Penerima
Penerima merupakan penerima data yang berasal dari pengirim.
Data
Data merupakan informasi yang dibawa oleh pengirim lalu dipindahkan ke penerima.
Media Pengiriman
Media pengiriman merupakan  perantara yang digunakan untuk mengirimkan data.
Protokol
Protokol merupakan jalur antara pengirim dan penerima pada saat melakukan pemindahan data.
Transmisi Data

Transmisi data adalah merupakan proses pengiriman data dari salah satu sumber data ke penerima menggunakan komputer atau device lainnya. Transmisi data terdiri dari 2 macam yaitu :

Transmisi Serial
Transmisi Paralel
Transmisi Serial



Transmisi serial merupakan transmisi data yang memiliki karakteristik mengirim data hanya satu bit dalam satu satuan waktu. Karena itu jika terdapat banyak bit yang akan dikirimkan maka harus mengirimkannya satu persatu/ber-urutan. Contoh komunkasi serial yaitu pada serial-port RS-232C di komputer. Transmisi serial ini memiliki kerugian yaitu pada saat melakukan pengiriman datanya dengan cara satu per-satu sehingga kecepatan yang dihasilkan akan menjadi sangat rendah. Sedangkan keuntungan transmisi serial ini tidak memerlukan biaya yang mahal jika ingin melakukan komunikasi jarak jauh, karena hanya cukup menggunakan satu kabel saja. Untuk komunikasi jarak jauh lebih cocok digunakan transmisi serial

Transmisi Paralel



Transmisi paralel ini merupakan kebalikan dari transmisi serial. Pada saat melakukan pengiriman data transmisi paralel mengirimkannya beberapa bit dalam satuan waktu. Biasanya transmisi paralel mengrimkan 8 bit secara bersamaan. Contoh transmisi paralel pada port CPU ke printer yang berfungsi untuk mencetak data. Namun untuk printer saat ini sudah banyak yang menggunakan transmisi serial (USB), port untuk transmisi paralel dapat ditemui pada motherboard konvensional yang sudah jarang diproduksi. Keuntungan menggunakan transmisi paralel ini karena data yang dikirimkan langsung bersanmaan sehingga memiliki kecepatan tinggi. Untuk kerugiannya transmisi paralel memerlukan biaya yang tinggi, lebih cocok digunakan pada komunikasi jarak dekat. Jika dipergunakan untuk komunikasi jarak jauh transmisi paralel memerlukan 8 kali lipat kebutuhan kabel lebih banyak dari transmisi serial.

Media Transmisi

Dalam melakukan transmisi data pasti memerlukan suatu media perantara antara pengirim dan penerima. Media transmisi dibagi menjadi dua yaitu :

Media kabel (wireline)
Media nirkabel (wireless)
 Media Kabel (Wireline)

Media kabel berfungsi untuk mentransmisikan data dan memandu arah gelombang yang membawa data kepada penerima data. Media kabel biasanya digunakan jika jarak pengirim dan penerimanya tidak terlalu jauh.

Contoh media kabel ada tiga yaitu :

Twisted Pair Cable
Terdiri dari beberapa pasang kawat yang digulung dalam 1 kabel utama. Twisted Pair terdiri dari 2 jenis yaitu Unshielded Twisted Pair (UTP) dan Shielded Twisted Pair (STP).
Coaxsial Cable
Terdiri dari 2 konduktor yang terpisah diantara isolator.
Fiber Optic
Fiber optic mengirimkan data dan informasi menggunakan gelombang cahaya.
Media Nirkabel (Wireless)

Media nirkabel ini berfungsi untuk mentransmisikan data dan tidak bisa memandu gelombang ke penerima data seperti halnya pada media kabel. Untuk melakukan transmisi data pada media nirkabel diperlukan sebuah alat yang dinamakan antena atau transciever. Antena ini yang akan mengirimkan gelombang sinyal ke daerah disekitarnya dan penerima yang menggunakan komputer dapat melakukan transmisi data secara nirkabel.

Contoh media nirkabel :

Radio
Microwave
Infra Red
Arah Transmisi

Kanal trasnmisi data pada proses pengiriman data dapat diibaratkan sebagai jalan yang menghubungkan antara dua unit piranti yang terhubung dan dapat saling mengirimkan data. Untuk menentukan arah transmisi dari kanal tersebut dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :

Simplex
Half Duplex
Full Duplex
Simplex

Simplex merupakan komuniukasi satu arah yang dapat dilakukan antar dua piranti, dari pengirim ke penerima saja. Contoh pada kehidupan sehari-hari yaitu komunikasi antar amplifier dengan speaker, barcode dengan readernya dan pemancar tv dengan pesawat tv.

Half Duplex

Half duplex merupakan komunikasi dua arah antar dua piranti, namun komunikasinya tidak dapat dilakukan bersamaan, tetapi bergantian. Pada saat satu piranti sedang mengirimkan informasi maka satu piranti lainnya hanya bisa sebagai penerima dan begitupula sebaliknya. Contoh komunikasi half duplex menggunakan HT (Handie-Talkie) dan Walkie Talkie.

Full Duplex

Full duplex merupakan komunikasi dua arah antar dua piranti yang dapat dilakukan secara bersamaan. Contohnya pada persawat telpon, dimana pengirim dan penerima dapa bersama-sama mengirim dan menerima informasi.

Mode Transmisi

Mode transmisi merupakan suatu cara pengiriman data dari suatu piranti ke piranti yang lainnya. Contoh mode transmisi yaitu :

Asynchronous Transmission
Synchronous Transmission
Asynchronous Transmission

Transmisi tak sinkron merupakan transmisi data antar dua piranti dimana pengirim dan penerima tidak perlu berada pada yang sinkron (sama). Contoh transmisi tak sinkron yaitu pada penginputan data dari keyboard ke memori. Karena pada saat penginputan kecepatan pengguna dalam menekan tombol keyboard berbeda dengan kecepatan memory untuk transfer. Jika kasus tersebut dilakukan secara sinkron maka memri akan banyak kehilangan waktu akibat menanti tombol keyboard ditekan.

Synchronous Transmission

Transmisi sinkron merupakan transmisi data antar dua piranti dimana pengirimn dan penerima berada pada waktu yang sinkron. Contohnya pada sinyal SYN yang melakukan sinkronisasi dengan dua piranti yang melakukan komunikasi.

0 Responses

Yang segan silahkan Berkomentar.......

klik iklan di sini

Search